PERLENGKAPAN KUCING

KANDANG

Indoor

Kandang kucing indoor dapat diletakkan di dalam rumah atau ruangan. Bentuknya persegi dengan bahan yang terbuat dari baja tahan karat. Kandang indoor kecil digunakan untuk anak kucing yang disapih dari induknya, kira-kira paling kecil berukuran 80 cm x 50 cm, kandang berukuran sedang, besar, atau kandang dengan tingkat dapat dipilih sebagai alternatif “rumah” kucing. Pilih kandang yang sesuai dengan ukuran tubuh kucing, apakah kucing cukup besar sehingga terasa tidak nyaman saat tidur dengan kantong pup dan tempat makan di kanan-kirinya atau masih tersisa tempat untuknya. Kandang dengan tempat tidur khusus yang diletakkan di atas lantai kandang bertingkat lebih baik dari pada kandang yang lebih pendek. Apapun pilihan kandang indoor, sebaiknya bersihkan kandang sehari sekali atau minimal dua hingga tiga hari sekali untuk menghindari bibit penyakit bersarang di sela kandang atau tempat pup-nya dengan cairan khusus mengandung disinfektan.

Outdoor

Kandang outdoor dibangun sendiri di luar dari ruangan, kandang tersebut dapat dimodifikasi sesuai kehendak, ukuran dan model kandang dapat bervariasi. Kucing akan merasa lebih nyaman karena ruangan yang disediakan cukup luas untuk bermain, makan, minum, pup, dan tidur ditempat-tempat yang berjauhan. Kandang ini dapat dibuat dari kawat baja atau kaca mempertimbangkan sirkulasi udara yang supaya tetap bagus dalam kandang. Perlu juga kandang outdoor diberi kandang indoor supaya kucing tidak bosan. Fasilitas yang dapat dimasukkan dalam kandang adalah tempat tidur kucing, misalnya bantal kucing, meja atau kursi, tempat makan dan minum, tempat pup dan beberapa mainan kucing bila ada kitten di dalam

Dalam membuat kandang kucing ada beberapa syarat yang harus diperhatikan. Jangan asal saja gunakan kotak kardus menjadi kandang, Berikut beberapa yang harus diperhatikan :
Ukuran sebuah kandang kucing yang baik adalah menyesuaikan dengan berat badan kucing. Jika satu ekor kucing dengan berat 4 kg minimal kandang dibuat dengan Panjang:90cm, Lebar :63cm, dan Tinggi 65 cm. Untuk n kucing tinggal anda kali 1.5 (n-1) kecuali untuk tinggi. Misal jika 2 kucing maka ukuran kandang Panjang :120 cm, lebar, 94,5 cm, tinggi 65cm. Tapi tidak harus begitu sesuaikan dengan berat badan kucing itu sendiri
Bahan terbaik dalam pembuatan kandang adalah alumunium. Mengapa? karena salah satu kelebihan bahan ini adalah ringan dan yang terpenting anti karat.
Pembuatan pintu kandang juga harus melihat ukuran kucing. Buat ukuran pintu kandang secara proporsional. Sehingga kucing dapat keluar masuk dengan mudah.
Dalam kandang kucing harus tersedia makanan, minuman. selain itu tempat makan dan minumnya juga harus diperhatikan kebersihannya. Minuman yang tersedia lebih baik adala air matang. Khususnya untuk kucing persia lebih baik sediakan makanan selama 24 jam. Ini akan membntu jenis kucing persia yang terkenal malas minum

 

TEMPAT TIDUR

Kebutuhan kucing adalah tempat tidur yang nyaman untuk istirhatanya. Beraneka bentuk tempat tidur dapat diperoleh di pet shop, seperti kandang atau keranjang. Bahannya pun beragam, seperti fiberglass, plastik atau rotan. Berikan pula alas tidur yang empuk agar kucing merasa nyaman. Induk tidak perlu tempat tidur, cukup diberi alas kain yang bersih dan hangat untuk menyusui dan merawat anak – anaknya hingga siap disapih.

 

Tempat makan atau minum model biasa ini harus benar-benar diperhatikan pemiliknya, karena jangan sampai kucing kehabisan makanan atau minuman. Penjadwalannya harus jelas.

Terdapat berbagai bentuk, model, ukuran, warna dan bahan. Namun umumnya terbuat dari plastik atau melamin.
Jika kucing anda hitam didagu akibat mangkuk plastik, maka sebaiknya menggunakan yang dari melamin. Mangkuk yang dari melamin ini dengan pembersihan desinfectant standar, dapat menghindari penularan penyakit.

 


                       

Food dispenser (tempat makan) dan water dispenser (tempat minum) yang secara otomatis akan mengisi apabila makanan atau minuman dalam mangkuknya habis. Dengan tutup yang kedap udara menjadikan makanan yang disimpan didalamnya tetap terjaga dan tidak menjadi dingin.

           

Sebaiknya memiliki keduanya (baik food dispenser maupun water dispenser), sehingga menghindari kehabisan air maupun makanan saat tidak diketahui pemiliknya.
            Sangat sesuai bagi pencinta kucing yang bekerja, sehingga kucing-kucingnya tetap terjaga makan dan minumnya tanpa takut kehabisan.
Sesuai juga untuk kucing yang ditinggal berpergian lama, misalnya pergi rekreasi 2-3 hari. Dengan meninggalkan kucing bersama dispenser air dan makanan dengan jumlah yang telah diperhitungkan sebelumnya.

Terdapat beberapa merk dan model serta warna, pilihlah yang kualitasnya bagus dan tidak cepat rusak.

LITTER CAT

Litter

Jika pertama membeli litter, pastikan sudah mengetahui jenis litter yang paling tepat untuk digunakan. Jika sudah menemukan yang tepat, usahakan untuk tidak mengganti – ganti litte dengan jenis lain. Ini akan membantu kucing memahami bahwa litter tray itu memang untuknya. Terutama kitten, biasanya belum mudah mengingat sehingga jika mengganti dengan litter jenis berbeda dari sebelumnya, kitten tidak mau menggunakan litter tersebut.

 

 

 

litter scooper

beberapa litter ada yang membentuk gumpalan dan ada juga yang menyerap. Kotoran dan urine akan menempel di litter sehingga untuk mengangkatnya, diperlukan litter scooper. Biasanya terbuat dari plastik. Dengan litter scooper, proses membersihkan menjadi lebih mudah dan cepat. Tray pun menjadi  lebih bersih. Meskipun litter selalu dibersihkan dan kotorannya diangkat, pengganti litter secara reguler, seminggu sekali atau dua minggu sekali untuk clumping litter, tetap dilakukan. Jika sudah penuh atau kucing merasa litter sudah terlalu kotor, pastikan menyiapkan pot yang berisi tanah tanpa tanaman untuk bisa dipakai kucing.

 

litter tray

kucing juga membutuhkan tempat untuk buang air. Oleh karena itu, sediakan litter tray untuk kucing agar kotorannya tidak berserakan dan mudah dibersihkan. Biasanya litter tray terbuat dar plastik. Tinggi tempatnya 8 – 10 cm dengan ukuran panjang 25 – 30 cm, dan lebar 15 – 20 cm. Lapisi tray dengan plastik terlebih dahulu sebelum memasukkan litter. Tujuannya agar tray tidak kotor dan bercampur dengan kotoran. Untuk kitten, ukuran tray lebih kecil agar mudak dijangkau. Tray bersifat terbuka atasnya, meskipun beberapa kucing ada yang suka tertutup karena alasan privasi. Untuk membersihkan litter tray, rendam dengan disinfektan agar kuman mati.

TAHUKAH ANDA?
Saat ini kucing dapat dilatih untuk membuang kotoran di toilet, sama seperti manusia. Ini sudah dibuktikan oleh para pecinta kucing di dunia. Bahkan, saat ini toilet kit untuk kucing sudah dijual di pet shop. Namun, mengjarkan kucing kebiasaan baru yang berbeda dengan nalurinya tidaklah mudah. Tetapi, tidak ada yang tidak mungkin jika kita melatihnya secara rutin.

TEMPAT MENGGARUK

Menggaruk adalah insting dan merupakan perilaku yang alami pada kucing. Mengaruk membuat kukunya tetap tajam karena kuku sangat penting untuk kucing sama halnya dengan menyisir. Sediakan tempat menggaruk kucing usahakan lebih dari satu. Adapun tinggi tempat penggarukan sekitar 30 cm atau lebih tinggi dengan bahan kayu, karpet atau bantalan bersarung ijuk.

 

 

 

 

 

MAINAN KUCING

Sebagai binatang aktif bergerak dan gemar bermain, kucing juga butuh hiburan. Untuk itu, berikan mainan yang menjadi kegemarannya, seperti bola atau mainan yang menyerupai tikus.

 

 

 

 

 

 

LAMPU KANDANG

Kandnag yang baik perlu diberi lampu untuk penerangan ruangan. Jumlahnya sangat tergantung kebutuhan. Idealnya, setiap kamar dipasang satu lampu. Demikian pula bagian luar kandang. Agar tidak terkesan gelap. Selain pada malam hari, lampu juga dinyalakan pada saat hujan atau cuaca dingin agar memberikan suasana hangat. Adanya lampu mempermudah penahanan di kandang.

 

back to top

 

 

Powered by Calendar Labs
free counters

Elvira Febriasani Copyrights 2011